Jasa Mesin Laser Cutiing

Mesin LD2060 Industrial CNC Plasma Cutting Machine

Jasa Mesin Laser Cutting

Jasa mesin laser cutting?

Mesin China – Jasa Mesin laser cutting merupakan mesin yang dipergunakan untuk membuat/ memotong bahan menjadi bentuk dengan goresan laser cutting, dengan bantuan kontrol dan kerja komputer untuk konekfitasnya.

Selain terkenal dengan sebutan mesin laser cutiing, mesin ini juga terkenal dengan nama lain seperti vinyl cutter dan lainnya.

Laser cutting merupakan proses pemotongan material yang memanfaatkan laser, menghasilkan potongan berkualitas tinggi, akurat secara dimensi. Laser cutting bekerja dengan mengarahkan output laser daya tinggi melalui nozzle ke materi di area lokal. CNC (Computer Numerical Control) digunakan untuk mengarahkan sinar laser yang dihasilkan, sehingga sering juga disebut CNC Laser Cutting. Laser komersial untuk pemotongan material menggunakan motion control system untuk mengikuti CNC atau G-code dari pola yang akan dipotong pada material. Sinar laser terfokus diarahkan pada material, kombinasi panas dan tekanan menciptakan aksi pemotongan. Materi akan meleleh, terbakar, menguap, atau tertiup angin gas, menghasilkan tepi dengan permukaan akhir berkualitas tinggi.

Jasa Mesin Laser Cutting

Pembangkitan sinar laser melibatkan stimulasi bahan penguat dengan pelepasan listrik atau lampu dalam wadah tertutup. Sebagai bahan penguat distimulasi, sinar laser direfleksikan secara internal melalui cermin parsial, sampai mencapai energi yang cukup untuk melarikan diri sebagai aliran cahaya koheren monokromatik. Cermin atau fiber biasanya digunakan untuk mengarahkan cahaya yang koheren ke lensa, yang memfokuskan cahaya di zona kerja. Bagian tersempit dari sinar terfokus umumnya berdiameter kurang dari 0,0125 inci (0,32 mm). Tergantung pada ketebalan material, lebar garitan sekecil 0,004 inci (0,10 mm) memungkinkan. Agar dapat mulai memotong dari suatu tempat selain dari tepi, penindikan dilakukan sebelum setiap pemotongan. Penindikan biasanya melibatkan sinar laser berdaya tinggi yang perlahan-lahan membuat lubang pada material, memerlukan sekitar 5 hingga 15 detik untuk stainless steel setebal 13 mm, misalnya.

Sinar paralel cahaya koheren dari sumber laser sering jatuh dalam kisaran berdiameter antara 0,06-0,08 inci (1,5-2,0 mm). Sinar ini biasanya terfokus dan diperkuat oleh lensa atau cermin ke titik yang sangat kecil sekitar 0,001 inci (0,025 mm) untuk membuat sinar laser yang sangat kuat. Untuk mencapai hasil yang paling halus selama pemotongan kontur, arah polarisasi sinar harus diputar saat melewati sekeliling workpiece yang berkontur. Untuk pemotongan lembaran logam, panjang fokus biasanya 1,5–3 inci (38–76 mm).

Keuntungan dari laser cutting dibandingkan pemotongan mekanis termasuk tempat kerja yang lebih mudah dan mengurangi kontaminasi workpiece (karena tidak ada tepi pemotongan yang dapat terkontaminasi oleh bahan atau mencemari materi). Presisi mungkin lebih baik, karena sinar laser tidak aus selama proses. Juga mengurangi kemungkinan membengkokkan material yang sedang dipotong, karena sistem laser memiliki zona kecil yang terkena panas. Beberapa bahan juga sangat sulit atau tidak mungkin dipotong dengan cara yang lebih tradisional.

Laser cutting untuk logam memiliki keunggulan dibandingkan plasma cutting karena lebih presisi dan menggunakan lebih sedikit energi saat memotong lembaran logam; Namun, sebagian besar laser industri tidak dapat memotong ketebalan logam yang lebih tebal dari yang plasma bisa. Mesin laser terbaru yang beroperasi pada daya yang lebih tinggi (6000 watt, berbeda dengan rating 1500 watt mesin laser cutting terdahulu) mendekati mesin plasma dalam kemampuan mereka untuk memotong bahan tebal, tetapi biaya modal mesin laser tersebut jauh lebih tinggi daripada mesin plasma cutting yang mampu memotong bahan tebal seperti pelat baja.

Jasa Mesin Laser Cutiing
Scroll to top